Penanti Hujan

~Perindu Pelangi


Tahu goreng, tahu bacem, mungkin dah agak bosen makannya. Saya beberapa hari ini liat resep-resep di webnya mbak Diah Didi dan nemu salah satu menu olahan tahu yang unik dan menggunggah selera. Rollade Tahu Isi Sosis. ^_^ Resepnya bisa lihat di webnya mbak diah didi yaa

Semangat banget saya mau buatnya sampai-sampai nyari daun pisang, karena setelah tahu dihaluskan dengan udang cincang dan dikasih garam, serutan wartel, daun bawang, merica serta telur. Adonan tahu itu ditaroh di daun pisang sama sosisnya terus digulung terus dikukus.

Pengennya sih jadinya bulet kayak yang digambar mbah diah didi setelah dipotong, eh apa daya saat saya lagi masak, Ubay nangisan terus jadi saya nggak konsen untuk ngegulung daun pisangnya hiks... jadinya mah gagal bulat :D

Oh ya, sebelum digoreng, rolladenya dicelup dulu ama kocokan telur, saya lupa untuk niriskan biar telur nggak terlalu nutupi rollade, hihii.. kesalahan yang cukup mengganggu

overall, rasanya cukup enak buat saya, apalagi dicocol saos sambel :D
makin asyik sambil online



Hallo assalammualaikum... selamat siang, udah pada makan siang nggak man teman?
Ummi Ubay beberapa hari ini sedang semangat-semangatnya belajar masak yang beda dari menu sehari-hari. Karena kebanyakan menu rumah mah itu-itu aja nggak jauh dari gulai, sambel, tumis, atau sop hehe.. maksud ibu rumah tangga yang masih minim pengalaman...

Dulunya mah sempat coba mau bikin udang goreng tepung yang renyah kayak yang dijual di warung-warung seafood, tapi selalu gagal, hehehe... belajar terus lama-lama akhirnya bisa juga, searching google, mah ternyata nggak susah, udangnya tinggal dibumbuin terus dicelupin ke tepung kering, abis itu celup ke tepung basah terus goreng :D

eh sebelum itu jangan lupa kulit udangnya dilepas dulu yah, kalo mau gaya ala-ala jepang, ekor udangnya jangan dicopot, terus sait sedikit dibagian tengah udang biar udangnya lurus kayak tempura :D

oh ya, kalo soal bumbu tepungnya saya belum nemu resep yang pas, jadi saya pakai tepung siap saji aja hihii... mudah dan cepat ^_^

Jadilah ini menu makan siang saya, dimakan sama nasi dan sambel enak, mau dicemil aja ama saos juga enak...


kalo kalian, menu makan siangnya apa?


Ahaaa jengkol! selalu nggak bisa nahan selera kalau ada menu jengkol. Selama hamil dan menyusui saya memang tahan-tahan nggak makan jengkol hehe, takut sakit perut yang bisa ngefek ke Ubay. Tapi nih sekarang jengkol lagi musim-musimnya, lumayan murah, jadi saya nggak kuat nggak masak gulai jengkol.

Jengkol bagi saya enak diapain aja, asal dimasak, bukan dilalap atau dimakan mentah, dan yang paling saya suka itu digulai kelio (gulai santan kental) gitu campurannya bisa ama udang atau ayam...

Nah rabu kemarin saya mah buatnya nyampur sama ayam...
Bumbunya mudah banget:
Tinggal siapin ayam seperempat
jengkol terserah mau berapa, kalo saya setengah canting, direbus dulu sampai empuk
Cabe merah giling setengah ons, saya tambahin dikit rawit biar rasanya greget
Santan kelapa
Bawang Putih 2 siung, bawah merah 4 siung
Bumbu Lengkap (Kunyit, Jahe, lengkuas, Daun Kunyit, Serai & daun jeruk)
Ketumbar
Garam
Penyedap (optional) saya nggak pakai sih :D

Caranya masukin semua bahan diaduk sampai mendidih (jangan ampai pecah kuah ya istilah mak saya) kalau nggak diaduk bisa santannya kayak ngegumpal gitu.. Tapi kalo udah mendidih, mah aman, tinggal kecilin apinya, sampai kuahnya mengental sesuai yang diinginkan :D

Makan jadi lahap mah ini pakai nasi panas
Jengkol, aku padamu dah!!


Siapa yang suka bakso??? ayo angkat tangan. Hehee.. Saya juga penyuka bakso. banget... Walaupun harga bakso sudah semakin naik dan cukup merogoh kocek untuk membelinya tapi tetap saja saya nggak jera makan bakso. Yah, bisa dikatakan salah stau makanan favorit saya. Sering ada keinginan untuk buat sendiri, tapi waktu itu saya masih terkendala sama minimnya alat hehe.. maklum ibu rumah tangga baru yang masih nyicil beli peralatan dapur.

Tapi hari ini saya kepengen banget nyobain bikin bakso, biar harga agar irit bikinnya bakso ikan, ikan nya pun bukan ikan tenggiri yang biasa dipake orang hehe.. saya bikin dari ikan laut yang harganya lebih murah dari tenggiri, hasilnya cukup enak walaupun baksonya nggak putih kayak bakso ikan tenggiri ^_^

Oh ya, harusnya sih "ngudek" baksonya pakai food processor, berhubung saya cuma blender, yo wis pakai blender ngehaluskan ikannya ditambah air es dikit biar dia agak kental jadinya. Oh ya, sebagian adonan nya saya bikinin bakso goreng, caranya tinggal comot adonan terus digoreng di api kecil sampai bakso gorengnya kering. terus sisanya direbus deh diair mendidih, biar bulat sih nggak pakai alat apa-apa cukup dicomot ama tangan terus ditekan disela jempol dan telunjuk dan diambil pakai sendok, gaya mamang bakso gitu hehee

Yang mau coba silahkan, ini resep sederhana bakso kuah ikan ^_^
Bahan bakso:
250 gram ikan giling
2 siung bawang putih
200 gram tepung sagu
garam secukupnya
merica secukupnya
gula pasir sedikit aja
penyedap rasa (optional, kalo saya nggak pake)

Caranya : Campurkan semua bahan hingga lembut, lalu rebus di air mendidih hingga mengapung.

Bahan Kuah:
Bawang putih, haluskan
kaldu ayam secukupnya
garam
merica bubuk
gula pasir
2 batang daun bawang, iris
2 batang daun selederi, cincang halus

campurkan semua bahan kuah kecuali daun selederi, dan rebus hingga mendidih.

Well, sajikan kuah dengan bakso rebus, bakso goreng, dan taburan selederi juga bawang goreng.
Bisa juga ditambah cabai dan kecap..


Hehe... percobaan pertama saya lumayan deh, walaupun adonan saya agak kelembekan dan kuahnya kurang gurih karena kaldu ayam nggak ada, tapi saya mau coba lagi lain waktu semoga lebih enak.

Silahkan yang mau mencoba juga :)


Sampai jumpa di dapur Ummi selanjutnya
Huftthh...
dah seminggu ini absen ngeblog, *sakitnya tuh disini
kayaknya bukan saya aja yang ngerasain, soalnya seantero kota bengkulu pada komplain pada salah satu "jaringan" yang memang mayoritas dipake orang-orang karena harganya murah.

Walhasil, semua jadi kacau terutama jadwal ngeblog saya,
yah kemarin harus puas dengan online via hp aja,
namun lumayan juga, saya ikutan kuis ini itu alhamdulillah selama bulan april ini menang empat kuis hihii...
eh hari ini juga menang dua kuis, lumayan banget buat ibu rumah tangga kayak saya

eh udah dulu curhatnya, saya lagi nyiapin tulisan untuk di post di blog,
^_^
Aktivitas sehari-hari yang sibuk dan padat kadang membuat kita merasa letih, capek dan juga tidak bersemangat. Ada kalanya kita ingin meninggalkan pekerjaan itu dan bersantai seharian. Namun, tuntutan hidup tidak bisa membuat kita berlaku demikian. Sehingga banyak orang mencari alternatif agar bisa tetap fit dan semangat selama menjalankan aktivitas. Salah satunya mengkonsumsi vitamin, suplemen atau minuman berenergi. Manfaat minuman berenergi yaitu  bisa memulihkan stamina. Namun jangan sampai salah memilih minuman berenergi karena tidak semua minuman berenergi aman untuk diminum. Kita harus bisa memilih minuman berenergi yang tidak berbahaya, diantaranya adalah minuman energi Kratingdaeng yang merupkan jenis minuman berenergi gula alami dan minuman energi penambah stamina. Kratingdaeng minuman energi Indonesia yang merupakan minuman berenergi terbaik. Tidak perlu khawatir karena kratingdaeng daftar minuman berenergi yang tidak berbahaya. Kratingdaeng merupakan minuman berenergi yang cocok dijadikan minuman benergi untuk olahraga. Selain itu kratingdaeng merupakan minuman berenergi yang mengandung kafein kurang dari 1 cangkir.



Apakah Minuman Berenergi Berbahaya?
Ada banyak minuman berenergi tapi Kratingdaeng  yang merupakan minuman energi terbaik sangat aman dan tidak berbahaya bagi kesehatan. Kratingdaeng menggunakan gula alami dengan kandungan kafein kurang dari 1 cangkir kopi. Kratingdaeng minuman terkenal suplemen penambah energi tubuh yang telah memenuhi standar BPOM RI. Kratingdaeng meraih penghargaan terbanyak dan paling bergengsi pada kategori minuman energi.

Minuman Berenergi dengan Penghargaan Selama 15 Tahun Berturut-turut
Kratingdaeng adalah minuman energi kelas dunia dengan standar Internasional. Kratingdaeng pertama kali diformulasikan di Thailand tahun 1962 di bawah naungan TC Pharmaceutical. Kratingdaeng dipasarkan di seluruh dunia menggunakan merek dagang RedBull dengan standar kualitas dan keamanan internasional. Rasa dan aroma lokal disesuaikan dengan selera orang Indonesia. Kratingdaeng adalah minuman Energi Terpercaya Pilihan Indonesia yang meraih Indonesian Customer Satifaction Award selama 15 tahun berturut-turut. Hanya Kratingdaeng yang berhasil meraih penghargaan ICSA sejak pertama diluncurkan. Selain meraih Indonesian Customer Satifaction Award, Kratingdaeng meraih penghargaan terbanyak dan paling bergengsi di kategori minuman energi di antaranya :
- Indonesian Best Brand Award
- Top Brand Award
- Indonesia Most Favorite Youth Brand
- Wow Brand Champion
- Social Media Award
- Super Brand Award

Minuman Berenergi Dengan Gula Murni
Kratingdaeng merupakan minuman berenergi yang menggunakan gula murni dengan kemasan praktis sehingga bisa langsung diminum. Definisi minuman berenergi adalah minuman yang mengandung satu atau lebih bahan yang mudah dan cepat diserap oleh tubuh untuk menghasilkan energi dengan atau tanpa bahan tambahan makanan yang diijinkan, dengan persyaratan total energy minimal 100 Kkal/sajian (SNI 01-668-2002). Definisi minuman berenergi menurut BPOM yaitu minuman yang jika diminum dalam jumlah yang wajar sesuai aturan minum perhari maka dapat memberikan energy tidak kurang dari 300Kkal (KepDirjen POM RI No 02240/B/SK/VII/91), pangan yang dapat memberikan energy minimal 300 Kkal per hari (dari BPOM RI No HK 00.05.52.4321). Artinya, minuman serbuk tidak dikategorikan sebagai minuman energi oleh BPOM karena minuman serbuk hanya mengandung 5-8 kkalori per sachet. Minuman serbuk juga tidak dapat langsung diminum dan menggunakan pemanis buatan contohnya Aspartame.

Kratingdaeng terdaftar BPOM dan lolos uji keamanan pangan HACCP
Seluruh kandungan dalam Kratingdaeng sudah sesuai dengan batas keamanan yang ditetapkan BPOM sehingga aman dikonsumsi 3 botol sehari. Kratingdaeng diproduksi di pabrik Sukabumi yang sudah memperoleh sertifikasi ISO 9002 dan lulus uji keamanan pangan dimana setiap produk yang diproduksi telah melewati proses HACCP (Hazard Analysis & Critical Control Points) yang ketat. Kratingdaeng bukan obat sehingga tidak memiliki efek samping dan tidak menimbulkan efek ketagihan

Benarkah Minuman Energi Menyebabkan Kematian?
Banyak kasus kematian akibat over dosis kafein dari produk minuman energi impor dari luar negeri yang kandungan kafeinnya terlalu tinggi sampai 500ml/sajian atau 10x lebih tinggi dari kopi sehingga menyebabkan jantung berdebar. Minuman energi luar negeri juga tidak mengantongi izin resmi dari BPOM sehingga keamanannya tidak terjamin. Ada kabar bahwa beberapa produk Kratingdaeng illegal dilarang beredar di Indonesia? Benar, karena produk tersebut diimpor secara ilegal dari luar negeri sehingga tidak mengantongi izin dari BPOM. Konsumen disarankan hanya mengkonsumsi produk yang mencantumkan Nomer BPOM. Jadi pastikan bahwa Kratingdaeng yang anda minum diproduksi di Indonesia sehingga aman bagi kesehatan.

Kandungan Kafein Kratingdaeng Sama dengan Satu Cangkir Kopi
Kandungan kafein dalam Kratingdang 50ml/botol atau sama dengan kandungan kafein dalam satu cangkir kopi sehingga Kratingdaeng aman dikonsumsi setiap hari karena telah memenuhi standar BPOM RI (Badan Pengawasan Obat-Obatan dan Makanan). Fakta seputar kafein berdasarkan data yang tercatat oleh FDA (Food and Drug Administration) Amerika, kandungan kafein yang dimiliki minuman energi Indonesia masih jauh di bawah kandungan kafein yang terdapat pada secangkir kopi sehingga sangat aman dikonsumsi setiap hari.

Komposisi Kratingdaeng Mengandung Banyak Manfaat
Sebagai minuman energi, tentunya Kratingdaeng memiliki manfaat untuk menambah energi yang
dihasilkan oleh kandungan vitamin dan komposisi di dalam Kratingdaeng. Kandungan gula di dalam Kratingdaeng merupakan sumber utama dari energi yang dihasilkan, demikian pula vitamin B kompleks pada minuman Kratingdaeng membantu mengkonversi karbohidrat menjadi energi. Kafein menstimulasi sistem metabolik dan syaraf pusat. Bahkan dalam beberapa penelitian, diketahui bahwa kafein memiliki fungsi untuk meningkatkan konsentrasi, kemampuan kognitif dan memperbaiki mood.

1. Manfaat Taurin (Taurine) merupakan asam amino yang banyak terkandung dalam ikan dan laktosa (ASI) dengan beberapa manfaat memperbaiki fungsi kerja jantung, memaksimalkan fungsi otak dan membantu proses sekresi enzim untuk metabolism lemak dalam tubuh.
2. Manfaat Kafein merupakan antioksidan yang banyak ditemukan dalam kopi dan cokelat yang bermanfaat untuk menstimulasi saraf otak untuk meningkatkan proses metabolism dan meremajakan sel-sel dalam tubuh dan meeningkatkan konsentrasi serta kewaspadaan.
3. Manfaat Inositol untuk meningkatkan proses metabolism lemak.
4. Manfaat Vitamin B3 (Niacinamide) adalah komponen koenzim di dalam tubuh yang membantu mengkonversi karbohidrat dan lemak menjadi energi.
5. Manfaat Provitamin B5 (Dexpanthenol) adalah komponen koenzim yang berperan penting dalam metabolism karbohidrat, lemak, dan protein.
6. Manfaat Vitamin B6 (Pyridoxine HCl) membantu metabolism asam amino, lemak dan berperan dalam pembentukan sel darah merah.
7. Manfaat Vitamin B12 (Cyanocobalamine) berperan dalam pembentukan sel darah merah, meningkatkan kerja sistem saraf, membantu dalam proses pembentukan jaringan yang melindungi serabut saraf.
8. Manfaat Kolin (Choline) untuk melindungi hati dan meningkatkan proses metabolism lemak.
9. Manfaat Lisin (Lysine) untuk membantu proses produksi energy, menurunkan kadar kolesterol membantu proses pertumbuhan tulang, kulit dan pembentukan otot.
10. Manfaat Glukuronolakton untuk meningkatkan konsentrasi dan daya ingat, serta melindungi liver pada saat bekerja keras.

Waktu Ideal Konsumsi


Kratingdaeng dapat dikonsumsi sebelum dan sesudah beraktivitas; khususnya aktivitas-aktivitas yang membutuhkan ketahanan fisik dan mental yang tinggi. Contohnya: para pelajar sekolah menengah maupun universitas sebelum dan sesudah memulai aktivitas rutin mereka di sekolah maupun di kampus; para professional sebelum maupun sesudah memulai pekerjaan mereka; sebelum dan sesudah melakukan aktivitas olahraga; sebelum menyetir, khususnya untuk jarak jauh; saat sedang berkumpul atau hang out bersama teman-teman. Kratingdaeng dapat menemani segala aktivitas hidup apapun bentuknya termasuk untuk minuman olahraga. Untuk hasil yang lebih optimum, disarankan untuk meminum Kratingdaeng sekitar 30-60 menit sebelum beraktivitas baik fisik maupun mental. Untuk konsumsi sehari-hari / aktifitas ringan cukup 1 botol perhari secara rutin. Untuk aktifitas berat 3 botol per hari.

Jadi  bisa disimpulkan bahwa tidak semua minuman berenergi itu berbahaya karena hanya Kratingdaeng yang merupakan minuman terbaik Indonesia yang menggunakan gula alami dengan kandungan kafen kurang dari 1 cangkir kopi. Kratingdaeng juga telah memenuhi standar BPOM RI dan memperoleh banyak penghargaan setiap tahun berturut-turut.
Beberapa hari ini hujan turun di sore hari. Sengaja saya duduk di depan laptop sambil memandangi hujan dari balik jendela yang berkabut. Banyak kenangan yang terbayang ketika hujan datang, masa lalukah, impiankah, atau sekedar sebuah nostalgia kenangan yang indah.

Saya suka menikmati hujan, mendengarkan gemericiknya yang menawan.
Hujan seperti sesuatu yang romantis dan manis, Saat yang tepat untuk menikmati kesendirian dengan segelas teh hangat atau mendengarkan lagu-lagu romantis sambil memejamkan mata.

Seperti sore ini, sebenarnya niat hati ingin menulis puisi, karena biasanya saya selalu bisa menulis puisi di kala hujan. Namun entah kenapa telah lama puisi tak bisa saya tulis. Apakah puisi mulai jauh dari hati saya. Ah entahlah, anggap saja coretan tak jelas ini sebuah puisi hehehe...

Saya hanya ingin menulis,
walau bukan puisi
lalu menikmati hujan
lalu menulis lagi
walau bukan puisi
lalu menikmati hujan lagi

Nulis dan Ngeblog itu memang asyik, apalagi dengan nulis saya bisa dapat banyak hal termasuk bonus yang nggak terduga datangnya. Ini saya nulisnya emang agak telat hehe, Oktober 2014 saya ikutan Blog Competition SUN Anugerah Caraka tentang Melek Finansial, yang ngadainnya Sun Life,

Alhamdullillah saya dapat Juara 3 nya. Seneng banget euy, Ibu Rumah Tangga kayak saya kalau dipikir-pikir nggak bisa menghasilkan apa-apa selain jadi PNS (Penerima Nafkah Suami) hehe. Tapi dengan nulis saya juga tetap bisa bantu suami sekadar untuk beli kebutuhan harian keluarga.

Oh ya sebagai juara 3 alhamdulillah saya dikasih uang jajan sama Sun Life senilai 2 juta, terus dikirimi Merchandise berupa Power Bank

power bank nya imut
plus Piagam penghargaan. Piagamnya langsung saya pajang di kontrakan kami, soalnya jarang-jarang dapat piagam untuk lomba Blog ^_^ Walau sayang nama saya agak salah ditulis Fasya harusnya Fasha

piagam
Satu lagi hadiah dari Sun Life yang jadi koleksi saya yaitu Tas olahraga, kalo ini saya ikutan kuis NBA di fanspagenya sunlife ^_^


Makasih Sun LIfe ^_^

"Hai orang-orang yang beriman, jadikanlah sabar dan shalat sebagai penolongmu, sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang sabar." (QS. Al-Baqarah: 153)

Belum lama ini saya mendapat cerita dari seorang teman tentang permasalahan keluarga yang dihadapinya. Memang bukan permasalah antara dia dengan suaminya, tapi masalah beban yang harus dihadapi keluarganya. mulai dari ekonomi, adik ipar, dan mertua. Sungguh masalah yang kompleks, hingga saya pun heran bagaimana ia bertahan dalam kondisi yang menurut saya begitu peliknya, dan Subhanallah ia masih bisa tersenyum ceria setelah menceritakan masalahnnya.

Saya katakan padanya saya saat ini belum bisa menolong apa-apa. Hanya sebatas semangat dan do'a. Beliau pun memaklumi, dan berkata bahwa kita hanya bisa berikhtiar untuk permasalahan yang kita hadapi. Tapi dengan sabar dan sholatlah semuanya akan menjadi lebih baik, karena Allah bersama orang-orang yang sabar.

Ah, saya menjadi tertampar. Sabar selama ini tidak bisa saya wujudkan secara nyata, hanya sebatas lisan yang kadangpun sering mengeluh. Permasalahan saya pun tidak sebanyak orang yang kini di depan saya. tapi dia masih tetap bersabar dan yakin akan pertolongan Allah :)

Semoga saya bisa terus mempelajari kata "sabar" dengan sebaik-baiknya, karena ada teman saya yang bilang kalau sabar itu ada batasnya, namanya bukan sabar hehee. :D


Finally, LBI2015 menaiki anak tangga terakhir. Alhamdulillah, saya pribadi bisa mengikuti kompetisi ini hingga pekan terakhir tanpa absen. Yeayyy ^_^ apapun hasilnya, sejauh ini saya sudah merasa menang karena bisa mengalahkan kemalasan selama 12 pekan lamanya dan bisa meningkatkan semangat ngeblog saya yang sempat anjlok saat mengandung dan pasca melahirkan Selamat juga untuk teman-teman yang sudah berhasil melalui LBI2015 hingga akhir. Kita semua adalah pemenang!

sumber gambar : google.com


Namun kekhawatiran panitia setelah kompetisi ini berakhir memang sangat beralasan, semangat blogger profesional mungkin akan tenggelam bersama berakhirnya kompetisi LBI2015. Kekhawatiran yang sama dengan yang saya rasakan, karena selama dua belas pekan mengikuti LBI2015 saya masih bertahan karena terpengaruh dan termotivasi dengan semangat sesama peserta.
Layaknya sebuah ekosistem yang terdiri dari berbagai komponen, LBI dan pesertanya saling mempengaruhi satu sama lain. LBI tanpa peserta tentu tak akan berjalan kompetisinya, dan begitupun sebaliknya.

Harapan untuk menjadi blogger profesional layaknya tak pupus sampai disini. Seorang blogger profesional tentu punya banyak cara untuk mempertahankan konsistensi ngeblognya hingga ia bisa dikenal karena kualitasnya yang mumpuni. Tentu kita yang nantinya sebagai alumni LBI2015 tidak menginginkan semangat yang telah dibangun selama tiga bulan ini hilang begitu saja dan kita kembali menjadi blogger sederhana seperti yang dikatakan panitia hidup segan mati tak mau.

Membangun ekosistem blogger merupakan salah satu cara agar kita tetap bisa mempertahankan semangat ngeblog. Ekosistem blogger terdiri dari bayak komponen yang saling mendukung termasuk blogger itu sendiri ataupun komunitas blogger. Layaknya sebuah ekosistem dalam istilah IPA, ekosistem bia terbentuk karena berkumpulnya berbagai komponen hidup maupun tak hidup. Ekosistem blogger pun bisa terbentuk karena berkumpulnya para blogger dan komunitas yang mempunyai minat yang sama ataupun berbeda.

Ketika ekosistem itu sudah terbentuk, tentulah blogger secara pribadi akan merasakan manfaatnya. Diantaranya bisa bertemu dengan banyak blogger yang menawarkan ilmu dan wawasan baik seputar dunia blogger ataupun hal lain, pun tidak menutup kemungkinan kita bisa juga berbagi akan ilmu yang kita punya. Pemikiran akan terbuka luas dengan semakin luasnya ekosistem yang kita bentuk.

Sekalipun menjadi blogger profesional butuh waktu yang lama dan saya pribadi pun lebih nyaman dikatakan sebagai blogger biasa yang menjadikan blog sebagai hobi, membangun ekosistem tentu tak akan mendatangkan rugi. Karena sejatinya hidup akan sepi jika sendiri, membangun ekosistem blogger membuat hidup kita lebih berwarna, lebih ceria, dan lebih berarti. Ngeblog pun semakin menyenangkan hati :)