Tuesday, December 9, 2014

Mommychi, for Mom and Child

Menjadi seorang ibu adalah impian setiap wanita yang telah menikah. Mempunyai seorang bayi seolah membuat kebahagiaan bertambah sempurna. Begitupun juga saya saat hamil, sungguh bahagia ketika mengetahui bahwa di dalam perut saya ada janin yang berkembang. Namun kebahagiaan itu kadang bercampur cemas karena takut tidak bisa merawat buah hati dengan baik dan maksimal. Apalagi di kehamilan pertama saya pernah mengalami keguguran yang tentunya berakibat pada mental saya yang akhirnya sering cemas dan takut. Apalagi sekarang ini kematian ibu dan anak angkanya bertambah yang banyak disebabkan oleh banyaknya penyakit yang timbul saat hamil akibat ketidaktahuan atau kurangnya ilmu sang calon ibu.

Pengalaman pahit keguguran di tahun 2013, membuat saya dan suami lebih hati-hati dan banyak belajar serta bertanya pada bidan ataupun dokter kandungan. Mulai dari hamil muda hingga kelahiran sang buah hati. Selain itu saya juga banyak membaca artikel di internet dan mendownload aplikasi khusus untuk ibu hamil dan anak. Salah satunya adalah Mommychi, aplikasi ibu hamil dan anak terlengkap dan terpercaya yang dikembangkan oleh PT. Kalbe Farma dengan tools dan fitur yang mudah digunakan sehingga ibu dapat mengikuti perkembangan kehamilan ibu sampai dengan tahap perkembangan Anak. 


Aplikasi ini terbukti membantu untuk mencatat dan memantau perkembangan buah hati sejak dalam kandungan hingga ia lahir nantinya. Sangat mudah untuk mendapatkannya. Mommychi terdiri dari mobile application dan website application yang terintegrasi sehingga mommy bisa mengakses  data yang sama di mobile application maupun website application. Untuk mobile application, mommy bisa mendownload secara gratis di Play Store atau iTunes, untuk website juga bisa mendaftar atau login dengan facebook di website nya https://mommychi.co.id lalu isi data yang dibutuhkan. 



tampilan mommychi dengan mobile application
Ada banyak fitur dalam aplikasi ini, dengan tools utama yaitu Tools untuk ibu hamil dan tools anak. Namun sebelum membahas tentang tools ibu hamil dan tools anak, saya mengajak mommy untuk menikmati beberapa tools umum yang juga sangat berguna yaitu.
1. Galeri, ini merupakan album foto untuk menyimpan dokumentasi perkembangan buah hati sejak dalam kandungan hingga perkembangannya setelah lahir nanti, so mommy akan bisa melihat pertumbuhan buah hati.
2. Kalkulator Kesehatan yang terdiri dari kalender kesuburan untuk mengetahui masa subur mommy, predeksi haril lahir buah hati yang dihitung dari hari pertama periode haid terakhir, juga prediksi tinggi anak untuk anak usia 2 tahun ke atas


kalkulator kesehatan
3. Direktori Kesehatan berupa data lengkap rumah sakit, dokter, apotek dan KalCare. sayangnya saya belum menemukan data untuk lokasi dimana saya tinggal yaitu di Bengkulu, semoga nanti bisa diupdate lagi oleh Mommychi ^_^



4. Belanja, fitur ini memudahkan mommy untuk belanja produk kalbe secara online. Tambah gampang deh untuk memenuhi kebutuhan nutrisi mommy dan anak. Contohnya saja jika mommy ingin membeli prenagen mommy, tinggal pilih merk produk dan jenisnya lalu masukkan ke shopping cart :)




5. Game dan 6. Musik sebagai fitur hiburan. Ada game mewarnai untuk buah hati yang telah bisa mewarnai, sayangnya Ubay baru berumur 1 bulan lebih hehe jadi belum bisa mewarnai :D Lalu ada musik yang bisa kita dengarkan saat hamil ataupun setelah buah hati lahir.





 7. Tanya dokter, yang bisa mommy gunakan untuk berkonsultasi dengan dokter-dokter di klikdokter.com juga ada live chat loh mom ;)

8. Tutorial, jika mommy kebingungan menggunakan aplikasi ini, bisa lihat fitur ini biar paham
9. About, sekilas tentang mommychi bisa dibaca disini.

Lanjut yuk mom, intip-intip fitur utamanya, ada tools ibu hamil dan tools anak


Fitur Kehamilan




Kontrol Kehamilan, untuk mencatat perkembangan ibu hamil mulai dari berat, tinggi badan, dan berat janin, lalu akan muncul grafik kontrol kehamilan, yang bisa menyimpulkan apakah kondisi ibu dan janin normal, jika tidak normal mommy bisa menghubungi dokter untuk konsultasi lebih lanjut.


Jurnal Kehamilan, untuk menyimpan histori kesehatan ibu selama hamil, termasuk apa saja diagnosis dokter dan perlakuan yang ibu dapatkan.


Nama Bayi, Nah jika mommy kebingungan mencari nama untuk buah hati yang akan lahir, nggak perlu khawatir karena mommychi akan memberikan saran untuk nama bayi yang sesuai dengan nama mommy dan dady, tinggal pilih deh mau huruf apa hehee


Ensiklopedia Ibu Hamil, keren dan bermanfaat. Disini banyak pengetahuan yang bisa didapat soal kehamilan termasuk tips-tips selama kehamilan dan menyusui. Kebetulan saya sedang menyusui Ubay dengan asi eksklusif jadi sangat terbantu dengan tips yang disajikan oleh Mommychi




Album foto,  jadi ibu hamil bukan berarti nggak boleh narsis kan hehe.. Nah buat mommy yang suka jeprat jepret bisa mengabadikan momen indahnya saat hamil di album foto yang nantinya bisa dibuka-buka setelah melahirkan, pasti deh jadi keingat-ingat ;)


Fitur Anak




Nah ternyata tidak cukup hanya saat dalam kandungan, mommychi ternyata jadi teman setia mommy untuk memantau perkembangan buah hati setelah dilahirkan. Fitur ini sangat membantu saya dalam mencatat perkembangan ubay termasuk jadwal imunisasi. apa saja sih tools didalamnya? yuk ikuti


Imunisasi, Berisi jadwal imunisasi dan sistem pengingat otomatis yang tersimpan dalam kalender ponsel. Membantu ibu agar tidak lupa lagi jadwal imunisasi anak




Mommy akan diingatkan imunisasi apa saja yang sudah dilakukan dan belum dan kapan harus dilaksanakan.

Jurnal Kesehatan Anak
Membantu ibu mencatat kondisi kesehatan anak, terutama penyakit yang pernah dialami, nama dokter, diagnosis, dan obat yang diberikan

Grafik Tumbuh, berupa grafik perkembangan anak berdasarkan data anak yang telah kita inputkan

Ensiklopedi Anak, sejalan dengan ensiklopedi ibu, disini berupa informasi tentang kesehatan anak yang bisa menambah pengetahuan mommy


Deteksi kesehatan anak Membantu ibu mengetahui pertumbuhan dan perkembangan anak secara menyeluruh hingga usia 3 tahun, dilengkapi grafik interaktif


Album Foto untuk menyimpan momen momen pertumbuhan dan perkembangan buah hati 

Dari banyaknya fitur anak hanya kalkulator nutrisi yang belum aktif, semoga kedepan nya bisa aktif dan bisa digunakan.

Overall. SAYA MENYESAL KENAL MOMMYCHI, hehee menyesal kenapa nggak kenal dari dulu :D 
 empat jempol deh untuk mommchi karena fiturnya sangat membantu sekali, baik untuk calon ibu, ibu hamil, ataupun ibu menyusui. Aplikasi yang sangat bermanfaat dan berguna untuk menjadi teman setia dalam memantau perkembangan buah hati. Makasih mommychi :)

Wednesday, October 15, 2014

PLN Always On

Kejadian 1
Saya lagi asyik tiduran tanpa menyadari kalau listrik padam. Sang suami tiba-tiba pulang lebih awal dan mau makan karena nggak sempat makan di kantor. Saya panasin gulai ,  nyiapin piring dan air basuhan. Waktu mau ngambil nasi, alamaakkk... Kenapa nasi di magic  jadi begini >.< masih penuh air. Saya langsung cek listrik taunya padam. Walhasil sang suami harus bersabar nungguin saya menanak nasi pake dandang. :D

Kejadian 2
Saya pernah buka usaha fotocopy di kampus. Suatu hari, dapat orderan banyak dari mahasiswa untuk memperbanyak modul mata kuliah mereka. Belum selesai acara copy mengcopy, listrik padam lama banget tanpa ampun. Saat si mahasiswa datang nagih modulnya, saya hanya cuma bisa nyengir nunjukkin papan yang saya taruh di depan fotocopy, MAAF MATI LAMPU. Si mahasiswa "ngedumel" dan nggak mau ngambil modul yang sudah diperbanyak karena nggak sesuai pesanannya. Hoalah rek... kok marahnya ke saya, mesin fotocopy saya juga bakal cepat rusak kalau hidup mati terus tau :( bukannya untung malah buntung.

credit


Kejadian 3
Yang ini lebih tragis lagi. Saat saya menghadiri acara nikahan teman di ujung pagar alam, palembang yang letaknya memang agak terpencil. Seluruh warga harus kerja keras dan nyiapin dana lebih karena listrik belum masuk kesana, jadi mereka harus menyiapkan genset untuk menopang aliran listrik dari kincir yang nggak seberapa. Karena adatnya memang akad nikahnya dilaksanakan malam hari, acara sakral itu sempat geger karena tiba-tiba daya genset habis :)) 

Tiga kejadian itu hanya beberapa dari banyaknya kesulitan yang dihadapi masyarakat Indonesia karena pemadaman listrik atau belum masuknya listrik ke desa-desa terpencil. Perekonomian menjadi terhambat, alat-alat elektronik bisa cepat rusak, acara-acara penting jadi kacau balau, dan lebih ekstrimnya lagi suami istri bisa marah-marahan. :D 

***

Sebagai seorang Ibu rumah tangga dan pelaku bisnis kecil-kecilan. Listrik ternyata memegang peranan yang sangat penting. Bisa mati gaya kalau listrik padam terus menerus, apalagi saya juga sering nge-blog dan nggak bisa lepas dari laptop (tanpa batrai karena batrainya rusak :D) 

Jika ditanya IdeKu untuk PLN, ide saya simple saja. Meminjam istilah operator sebelah, saya inginnya PLN Always On. Listrik hidup terus tanpa padam. 

Memang agak muluk menginginkan listrik tanpa padam, karena tentunya pasti ada perbaikan akan kerusakan dan perawatan sistem. Jadi ide Always On ini memang untuk situasi tertentu.

Always On Update-nya
Saya termasuk orang yang ngedumel kalau listrik padam. Sebenarnya bukan karena pemadamannya, tapi karena waktunya yang mendadak dan tanpa pemberitahuan. Jika PLN sudah punya sosmed untuk memberitahukan pemadaman listrik, lalu bagaimana dengan ibu rumah tangga atau pelaku bisnis yang nggak sempat atau malah nggak punya sosmed? 
Always On Update hendaknya bisa menyeluruh, pemberitahuan diperluas dengan mengirimkan sms pada pelanggan, atau bisa dengan mengupgrade Listrik Pintar dengan sistem pulsa yang sudah ada dengan menambahkan sistem yang bisa memunculkan tulisan atau pemberitahuan soal pemadaman listrik (termasuk lama pemadamannya) di meteran listrik.
Dengan adanya pemberitahuan setidaknya masyarakat bisa wanti-wanti untuk menyiapkan banyak hal sebelum adanya pemadaman listrik. Sehingga lebih sedikit masyarakat yang marah-marah, dan ini membuat PLN juga lebih beretika. Setiap bulan harus bayar listrik tepat waktu, jika telat kena denda, harusnya masyarakat juga dapat pelayanan yang maksimal :)
 
Always On untuk Pelaku Bisnis dan Instansi Penting
Masih soal pemadaman, baiknya ada pengecualian untuk pelaku bisnis dan instansi penting seperti rumah sakit, sekolah, universitas, pelayanan publik dll. 
PLN hendaknya melakukan survei secara menyeluruh, mana saja pelanggan yang membutuhkan listrik untuk kepentingan khalayak banyak atau hanya untuk keperluan rumah tangga saja. Jadi ketika pemadaman ada tempat-tempat tertentu yang listriknya tidak padam. Lebih adil dan terorganisir.

Always On Pemerataannya
Di era yang maju seperti sekarang ini, ternyata masih banyak daerah terpencil yang tidak terjangkau oleh PLN. Tentu saja ini bisa menghambat perkembangan perekonomian masyarakat. Padahal jika listrik merata di seluruh Indonesia, pastilah sangat bermanfaat untuk masyarakat. Jadi PLN hendaknya mengembangkan saya ke daerah-daerah terpencil untuk membantu mereka mendapatkan cahaya.

Always On Terjangkau
Kenaikan listrik membuat kantong menjerit. Terutama kantong rakyat kecil. Untuk itu hendaknya PLN bisa pilah pilih dalam menaikkan tarif listrik. Bisa dengan subsidi silang, agar masyarakat kecil pun terbantu. Semua bisa menikmati, dan PLN pun ikut bersedekah dengan sistem ini.

Always On Kreatifnya
Dari banyaknya hal yang hendaknya diperbaiki dari Pelayanan dan Sistem dari PLN. Saya memberikan apresiasi tinggi karena PLN sudah berusaha untuk melayani masyarakat Indonesia dengan pelayanan terbaik. Kekurangan disana-sini hendaknya dijadikan cambuk untuk lebih baik. Semoga PLN dan orang-orang yang berkecimpung di dalamnya bisa terus kreatif menciptakan penemuan baru, sistem yang lebih baik, dan pelayanan yang makin prima. 

Ide sederhana ini semoga bisa dipertimbangkan, bukan hanya ditimbang-timbang. Agar kehidupan masyarakat Indonesia menjadi lebih baik, seperti slogan yang digaungkan PLN, Electricity for A Better Life.


 

Blog Template by YummyLolly.com